Selasa, 09 Oktober 2012

Analisa Pengalaman Pribadi berdasarkan Teori Skinner


Pengalaman :
  • Setiap pagi ketika akan berangkat kuliah saya sering sekali meninggalkan kamar dalam keadaan kotor. Pakaian kotor yang tergeletak sembarangan di lantai kamar, gorden jendela yang tidak di buka, buku yang berserakan, tempat tidur yang tidak dirapikan dan berbagai hal lainnya. Sehingga ketika mama melihat kamar saya yang berantakan dia pasti akan langsung teriak dan marah mengatakan “kamar gadis kok kayak gini, nanti kalau ada orang yang masuk apa ga malu, bersihin kamar kan cuma sebentar”. Merepet panjang tidak berhenti-henti bahkan saat di mobil dalam perjalanan ke kampus mama tetap saja masih merepet mengingatkan untuk selalu membersihkan kamar setelah bangun pagi sebelum berangkat kuliah. Karena terlalu seringnya mama marah seperti itu, saya pun berusaha untuk selalu membereskan kamar sebelum pergi dan hasilnya saya juga tidak lagi dimarahi oleh mama.

  • Saya selalu diingatkan oleh mama untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak jatuh sakit dengan mengkonsumsi vitamin dan selalu minum susu setiap pagi sebelum pergi kuliah. Namun jangankan vitamin, susu yang dibuat pun terkadang tidak saya minum. Sampai pada saat beberapa waktu lalu saya mengalami demam dan saya pun mulai berpikir kalau saya telah salah karena terlalu menghiraukan perhatian orang tua saya. Karena saat itu saya berharap untuk sembuh dan tidak mau sakit lagi sehingga setiap pagi saya pasti akan meminum susu yang telah dibuat bahkan orang tua saya sendiri pun jadi bersemangat kembali setelah bangun sebelum mandi dia sudah menyuruh saya untuk minum susu.

Pembahasan :

Berdasarkan teori belajar Skinner dikatakan bahwa belajar dapat dilakukan oleh hasil dari penguatan yang ada, yaitu : Penguatan positif dan Penguatan negative. Pengutan positif ialah, penguatan yang diberikan untuk menguatkan suatu perilaku yang diharapkan, sedangkan penguatan negatif, ialah penguatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi/ menghilangkan perilaku yang tidak diharapkan.
Jika dikaitkan dengan pengalaman yang saya alami terdapat penguatan positif ketika saya ingin sehat dan tidak ingin jatuh sakit lagi adalah dengan tidak begitu saja menghiraukan apa yang dikatakan orang tua yaitu dengan mengkonsumsi vitamin dan susu yang diberikan oleh orang tua saya. Dan terdapat penguatan negatif ketika saya tidak ingin ditegur/dimarahi oleh mama saya yang berkepanjangan saya harus membersihkan kamar saya sebelum saya pergi kuliah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar