Rabu, 10 Oktober 2012

Kesimpulan Perkuliahan Hari Ini



Pada pertemuan kelas psikologi belajar kali ini Ibu Dina sebagai pengampu mengatakan bahwa kali ini kita tidak akan ada diskusi. Namun kita diminta untuk dapat mengaplikasikan teori tersebut di dalam kelas. Beliau meminta kami untuk duduk berjarak, sesaat kami pun mengira segera akan diadakan Quiz, namun syukurnya tidak. Beliau memberikan masing-masing dari kami tiga lembar kertas berbeda, yaitu 1 lembar HVS, 1 lembar berupa sertifikat, dan potongan kecil kertas karton. Lalu beliau memberikan kami instruksi dari tiga stimulus yang telah ada kami harus dapat menghasilkan suatu produk baru tidak dibatasi harus membuat apa, buatlah dengan se kreatif mungkin dalam waktu 30 menit yang telah ditetapkan, dimana terdapat dua kelompok yang masing-masing kelompok akan dipilih beberapa yang dapat menghasilkan sesuatu yang kreatif.

Hasil dari tiga kertas yang diberikan




 Evaluasi Pembelajaran :
  
    Awalnya saya tidak mengerti dengan arahan yang diberikan, harus diapakan ketiga kertas tersebut. Melihat ke kanan dan kiri, membolak balik buku tetap saja masih belum tahu harus membuat apa. Setelah selesai membuatnya, kami kembali diberikan selembar kertas dengan diminta untuk mendeskripsikan mengenai produk yang telah kami buat, kemudian produk itu dinilai oleh teman-teman lainnya dengan memberikan skor awal mengenai penjelasannya dan skor kedua dengan melihat produk yang dihasilkan. Setelah semua telah menilai akhirnya dapatlah 6 terbaik dari dua kelompok A dan B.
      Jika dikaitkan dengan teori Skinner apa yang telah kami lakukan adalah suatu proses belajar. Terdapat tiga karakteristik individu yang dapat mempengaruhi stimuli mana yang berfungsi sebagai penguat satu diantaranya adalah keterampilan individu, ketika dia memiliki keterampilan yang baik akan menjadikan itu sebagai penguat untuk mencapai apa yang diinginkan. Saat terdapat penguatan positif, akan merespon untuk memproduksi stimulus baru. Ketika akhirnya terpilih enam terbaik dari dua kelompok yang ada kemudian mendapatkan reward, hal tersebut dapat memberikan motivasi kepada yang lainnya untuk bisa lebih kreatif dan lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar