Rabu, 31 Oktober 2012

Terlambat Untuk Absen


Pengalaman ini baru saja terjadi, dimana saya terlambat untuk melakukan absensi mata kuliah psikologi belajar. Absensi itu sendiri sebenarnya sudah dapat ditandatangani hari senin setelah kita menyelesaikan tugas yang diberikan, namun saya memutuskan untuk tanda tangan absen di hari rabu batas akhir absen. Tapi saya tidak tahu kalau ternyata ada batas waktu sampai pukul 9 pagi untuk menandatangani absen. Sehingga setelah saya tahu mengenai informasi tersebut, saya pun bergegas pergi ke kampus. Sesampainya di kampus jam 10 (benar-benar sudah telat) saya tidak melihat Ibu Dina didalam ruangannya, sehingga saya memutuskan untuk menunggu di luar selama 30 menit, sampai kemudian Putra masuk ke dalam ruangan Bu Dina, dan saya langsung menyadari bahwa Ibu Dina ada di dalam ruangannya, tidak kemana-mana. Akhirnya saya hanya bisa menertawai diri sendiri, dan kemudian masuk menemui Bu Dina. Diizinkan untuk melakukan absen, namun juga mendapatkan punishment.

 Dari pengalaman ini dapat dikaitkan dengan teori Skinner yaitu adanya reinforcement positif dan negatif yang diterima. Apa yang telah diberikan Ibu Dina ini merupakan negative reinforcement,  yang dapat mengakibatkan perilaku itu berkurang atau menghilang. Dan dari kesalahan yang saya buat saya mendapatkan punishment, dimana dengan Punishment yang diberikan, diharapkan dapat diperbaiki untuk tidak mengulang kesalahan yang serupa. Punishment yang diberikan ini juga membuat saya, agar bisa lebih disiplin dengan apa yang telah ditentukan dan tidak melanggarnya


    


1 komentar:

  1. Hayo Semangat Jangan sampai telat lagi
    Salam Bloger Salam Kenal

    BalasHapus